Selasa, 30 September 2014

Ini Dia Spesifikasi PC yang Setara Dengan PS4!

  Banyak para gamers yang bingung seperti apa sih spesifikasi PS4 kalau dijadiin PC? Karena pertanyaan seperti itulah saya tergerak untuk membuat postingan ini, sekaligus untuk meluruskan kebingungan para gamers tentang
pertanyaan tadi. Namun sebelum saya memberi jawabanya, sebaiknya anda tahu dulu seperti apa spesifikasi hardware dari PS4 itu sendiri, yaitu :
1. 8-Core Jaguar - CPU
2. 8GB DDR5 - RAM
3. 1.84 TFLOPS - GPU
4. Blu-ray/DVD Drive - Optical Drive
  Sedangkan fitur pelengkapnya antara lain :
1. USB 3.0
2. OS
3. Bluetooth
4. 802.11 b/g/n WiFi
Dengan melihat spesifikasi diatas, maka bisa kita diasumsikan bahwa PS4 itu dapat di setarakan dengan PC kelas High-end. Namun pertanyaanya, spesifikasi PC seperti apa yang paling mirip dari segi performa dengan produk buatan Sony ini? Untuk mengetahui jawabanya, silahkan anda lihat dibawah ini :
1. CPU - AMD FX-8320 Black Edition
    Pada tahap ini saya sebenarnya cukup kesulitan untuk mencari Hardware yang sebanding, karena untuk benar-benar menyamakan jenis CPU dari PS4 kita harus menggunakan processor yang bertipe sama, yaitu AMD APU yang memiliki 8 Core namun sampai artikel ini dibuat, barang seperti itu masih belum ada di pasaran (APU di pasaran masih 4 core). Jadi saya memilih untuk menggunakan produk yang sedikit berbeda, yaitu AMD FX-8320 (8 Core). Tapi jangan salah, performa Processor dapat disetarakan atau bahkan sedikit lebih baik dari performa CPU PS4.



 2. GPU - AMD HD7870
  Sesuai yang dibahas diatas, PS4 menggunakan teknologi APU di CPU-nya, jadi didalamnya sudah terdapat GPU/VGA Internal. Namun, Jika dikonversikan menjadi VGA PC, menurut saya HD 7870 dapat menjadi pilihan paling logis, karena secara performa keseluruhan produk ini memang dapat disetarakan dengan GPU dari PS4.





3.  RAM - Kingston HyperX 8GB(4GBx2) DDR3 1600Mhz 
   Pada PS4 RAM nya sedikit unik, karena sudah menggunakan jenis DDR5 yang belum ada di pasaran PC saat ini. Jadi, belum ada RAM untuk PC yang sebanding dengan Produk ini. Kecuali jika menatap RAM dengan performa paling mendekati, maka Kingston HyperX 8GB(4GBx2) 1600Mhz adalah produk yang menurut saya dapat dijadikan pilihan (walaupun masih DDR3).

4. Optical Drive - LG Blu-ray/DVD Drive

Pada PS4, kecepatan membaca dari Blu-ray masih 8x read speed. Sedangkan pada PC, teknologi Blu-ray yang ada lebih cepat, yaitu 14xread speed. Jadi, pada aspek ini performa DVD Drive pada PC sedikit lebih unggul.





  Keempat komponen diatas merupakan komponen dari CPU yang hanya tersedia di PS4, jadi hanya komponen-komponen tersebut yang memang bisa dibandingkan, namun belum lengkap rasanya jika hanya keempat komponen tersebut yang dibahas. Maka dari itu akan saya beri sedikit lagi contoh komponen penunjang PC untuk melengkapi keempat komponen tersebut diatas.   
5. Power Supply - FSP Hexa 500W 80+
    PSU tangguh yang mampu menawarkan performa hebat meski harganya murah. PSU ini tak diragukan lagi mampu mengangkat kebutuhan daya dari komponen PS4 versi PC.  
6. Motherboard - ASRock Socket AM3+/AMD 760/DDR3/USB 3.0/SATA III/Micro ATX
    Motherboard ini merupakan pilihan terbaik karena sudah memiliki dukungan penuh dari komponen-komponen diatas, apalagi dengan harganya yang murah sudah menjadi nilai lebih tersendiri dari produk ini.
7. Accessories - PS4 Original Stick, USB Dongle(Bluetooth) for PS4 Stick, Network Adapter.
    Aneh rasanya jika mempunyai spesifikasi CPU yang memiliki performa yang sama dengan PS4 tapi stik-nya justru tidak terlibat, padahal stik tersebut merupakan bagian dari PS itu sendiri.
8. Storage Disk - 1TB WD Blue SATAIII 7200RPM 16MB Cache
    Walau tidak secepat SSD, Harddisk ini memiliki performa membaca data yang kencang dan kapasitasnya yang cukup besar. Harddisk ini mampu untuk diisi game-game sekelas PS4 yang notabene memiliki ukuran berpuluh-puluh giga untuk satu judulnya saja.
   Saya kira itu dulu bahasan dari saya, barangkali artikel ini bisa membantu kalian yang bingung antara membeli Komputer atau PS4 atau dapat menjawab pertanyaan kalian tentang spesifikasi PC seperti apa yang setara dengan PS4. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya disini ya.

   





  

 

45 komentar:

  1. APU PS4 itu pake Jaguar Core (sekelas APU E2 Kabini) gak bisa disamain dengan seri FX maupun APU A-series karena udah beda dari chip layout-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo begitu,suggest yg paking mnedekati apa???klo memang ga.

      Hapus
  2. Sebenarnya saya juga berpikir demikian, tapi mempertimbangkan kemampuan APU E2 dalam memainkan Game NexGen masih belum mumpuni juga masih berada di segmen Microprocessor (Processor Laptop), maka tak ada pilihan lain lagi. Tapi terimakasih atas masukanya :)

    BalasHapus
  3. Gan, Kalo harganya PC yang speknya sama kaya Ps4 itu Kira-kira berapa?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Berarti kalo sy cuma punya budget 3 sampe 4 juta utk proci,vga n ram aja ga bs ya dpt spek Ps4? Atau mungkin harus di OC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo budget segitu jelas belum cukup, mengingat spek diatas bukan sembarangan. Mungkin butuh sekitar 10 jutaan atau lebih, tapi jangan kecewa dulu karena budget segitu juga udah bisa dapet spek lumayan lho. Baca aja di artikel sebelumnya, udah ane bahas kok.

      Hapus
  6. Gan, Kalo harganya PC yang speknya sama kaya Ps4 itu Kira-kira berapa? bisa order
    PC Gaming Rakitan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kria kira setara dengan Asus ROG yang harganya 14,6 Juta

      Hapus
  7. I5 ato i7 ne yg setara ama ps4?

    BalasHapus
  8. I5 ato i7 ne yg setara ama ps4?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak setara tergantung itu generasi Skylake ato bukan kalo generasi nya Skylake mungkin setara dilihat juga di Ghz nya tapi masalahnya itu AMD Jaguar yang udah pake 8 Core WOW banget itu berarti setara sama Intel i7 Skylake yang 20 Jutaan WTF banget ya kan perbandingan nya jauh bener, tapi gk usah kawatir Intel i7 yang cmn 7 jutaan udah cukup kuat untuk nyetaraain sama AMD Jaguar

      Hapus
    2. AMD Jaguar vs i5 Sandy bridge 2300 aja belom bisa mau lawan skylake... sementara ini AMD belum bisa menyetarakan skylake baru bisa setara HASSWELL REFRESH... core itu bukan jaminan vroh kan ada THREAD, Cache, Core clock...

      Hapus
    3. Intel hanya menang di Hyper Threading inget itu juga, jadi intel gak murni Processor masih suka nipu nipu alias gk bekerja layak nya processor beda denagn Processor AMD contoh nya aja X4 860K itu murni Proccessor, all hasil Powerfull banget AMD X4 860K apalagi Jaguar processor nya gk bekerja untuk Operating System, ada 8 core 4 core Processor 4 Core nya lagi di kasi buat bantu VGA.

      Hapus
  9. Kalau cpu setara ps4 sampai 10 jt ya mending beli ps4 aja langsung 4,8 jt dapat baru. Sisa nya bisa buat beli Dvd game nya.

    BalasHapus
  10. ya enak komputer lah, klo ad hardwarenya yg rusak enak bisa diganti, punya ps3 udh gk bsa lgi di service

    BalasHapus
  11. coba cek d yutube aje bro, spek intel i3 6400 & vga gtx 750ti sdh samain ps4, bahkan melewati ps4 di bbrp game

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh gk paham ya kk, jelas lah bisa nyamain untuk VGA nya udah cukup bagus, apalagi porice nya jangan ngasal itu Intel i3 Generasi Skylake itu generasi ke 5 kalo gk salah itu udah cukup banget tapi hanya satu pertanyaan ku Itu PC kuat berapa tahun nahan game yang akan terus berkembang mengingat game game sekarang akan terus tercipta untuk Console!!!! itu aja

      Hapus
    2. @anantio : kuat vroh... nyatanya PC ane FX 6300 sama HD 6870 masih sanggup ngeladenin...
      PS 3 Aja cuma setara GPU Nvidia 7600 GT DirectX 9C loh PS 4 Cuma directX 11.1 sedangkan GPU For PC minimal 11.2 bahkan directX 12 macam GTX 900 dan R7 300 Series atau R9 Series... banyak googling mas

      Hapus
    3. kata sapa GTX 900 series kuat????, belum punya asus ROG ya dasar lu buktinya Laptop Asus ROG gw yang pake GTX 950, terkadang maen Assassin Creed Syndicate wa ultrakan semua masih aja terdapat Drop FPS, ini kah kuat, terus nya lagi kalo pake GTX 900 series harganya jauh berbeda dengan PS4 udah gila namanya, apalagi TFLOPS milik GTX 950 masih tergolong di bawah PS4, PS4 itu hampir setara GTX 1050Ti, liat liat lagi donk gk usah suruh orang googling lu liat sendiri, trz mau ape lagi Boost Clock, Oi bro Boost Clock itu hampir bisa di bilang tidak terlalu penting yang terpenting TFLOPS dan Core nya Boost Clock untuk membantu Sedikit dari pemerosesan Rendering kecuali kalo lo bikin video baru Boost Clock itu berjalan dengan maksimal, VGA PC itu bukan cmn untuk satu hal aja nge game aja tapi juga untuk rendering sesuai dengan fungsinya multitasking, all hasil VGA akan terus berkembang berkembang dan berkembang dan yang lainnya akan tertinggal jaman apalagi developer game menuntut agar gamers PC mempunya spek yang mereka inginkan all hasil gamer itu nurutin Dev bukan Dev nurutin gamer gk kyk PS4 dev nurutin gamer nya sesuai dengan standart console nya, perlu bukti, liat aja BF1 perbedaan nya jasuh bener denagn BF4, kalo mereka mau buat graphic yang sama pasti nya akan lebih murah dan irit lagi, tapi gamer PC selalu nuntut dengan graphic yang bagus melebihi COnsole All hasil VGA nya terlalu keras hingga gamer yang lain harus gonta ganti VGA, VGA gk murah bro, apa lagi kalo lo PC gamer gk bakal bisa build PC setengah Setengah Harus Full biar siap menghadapi game yang kian lama kian membesar dengan graphic yang ultra dewa, bagi para sultan its easy, tapi bagi para kaum bawah, What the Fuck This shit man, terus perlu di ingat kalo Proice dengan VGA tidak memiliki kekuatan yang sama, all hasil Kekuatan VGA menurun dan itu di sebut Bottlenneck, memang semuanya bottleneck di dunia semuanya menglami itu tapi masa lu gk kasihan ama PC lu yg di hadapi dengan Bottleneck terus, trz kalo PS4 bottleneck gk, GK PS4 gk bottleneck Inget lagi oi GPU nya itu jadi satu Ama CPU jadi udah di modifikasi agar menghindari yang namanya bottleneck ini, seperti contohnya Intel I3 3240 memiliki GPU bawaan HD3300 jadi itu gk bakalan bottleneck karena bawaan, nah kalo PS4 kerjanya sama kek gitu, GPU udah bawaan dari CPU all hasil Bottleneck nya gk akan keliatan alias hampir gk ada karena udah rancangannya kek gitu, inget lagi yang merancang bukan orang indonesia tapi orang jepang bersama AMD, ++ nya lagi gk semua Motherboard PC support DX 12 kalo MOBO lu DX10 lu pasang VGA DX 12 ya gk bakal keluar performanya, akhirnya Upgrade lagi ganti mobo lagi, watt nay nambah ganti PSU lagi, what the hack man, this is shit, daripada ganti ganti kek gitu mendingan wa beli FF15 dan Horizon Zero Dawn aja, koleksi game PS4, trz apalagi FX 6300 itu series pertengahan bro masih di bawahnya series A cek lagi cari program yang bisa ngeliat bottle neck, Proice nya strong tapi VGA nya lemah kek sampah y gk 100% all out akhirnya VGA nya kewalahan, iya keliatannya lu maen dengan graphic wow memuaskan, mantap jiwa but rememmber this, jangan siksa PC lu dengan Bottle Neck dan kalo lu build PC setengah Setengah gk bakal keluar bener bener performanya, dan yang perlu di ingat lagi Game yang tercipta untuk PS4 itu sudah milik PS4 bagaimana pun lu mai nyamaain graphic PC dengan PS4 gk bakal sama karena Graphic PS4 gk bakal bisa di mainkan di PC dan Graphic PC gk bakal bisa di mainkan di PS4, kerena punya porting, Grafis, yang berbeda INGAT ITU

      Hapus
    4. Jangan samakan GPU laptop dengan GPU PC ya jelas jelas beda

      Itu tidak hanya berlaku untuk GPU tetapi komponen lain nya :)

      Hapus
    5. GTX 950 laptop lu di bawah 750ti desktop bodoh goblok tolol sok pintar gile

      Hapus
  12. setau saya skylake gen ke 6..gen ke 5 itu haswell..ane saja pke i5 2500 ivy brdge dsnding dgn GTX 750ti 2gb gddr5 masih kuat main2 game skrg bahkan GTA V di libas di full HD rata knan 30fps..ram min 4GB kalau bisa lebih..mnrut saya ibarat spesifikasi PCnya i5 6400/6500/ i7 6700 dsnding dgn VGA GTX 1060/RX 470 4gb gddr5 RAM DDR4 16gb mnang telak si PC ktimbang PS4 yg psti lbih mahal PC tetapi multi guna..nah untuk peforma PC dan PS4 itu balik lg di gamenya gak usah jauh2 game kyak PES2017 plg byk di mainin itu beda grfik bukan dr segi hardware tetapi KONAMI memprioritaskan PES2017 grfiknya lebih hidup ktimbang PC, mungkin PC keseringan kena bajak jd konami krg berminat tp ttp mmbuat PES versi PCnya tp grfiknya tdk sbgus PS4 bukan masalah si PC hardwarenya gak bagus ya.!! mnrut saya si PC maupun PS4 tdk bisa di ukur dr segi hardware untuk main game tentunya spesifikasi PC yg ane sebut diatas, itu ballik lg ke gamenya. contoh saja GTA V PC bisa di mainkan di resolusi 4k ( PS yg ane sbutin diatas) sedangkan PS4 belum otomatis PC mutlak mnang terkecuali PS4 PRO yg bru dirilis sony PS4.
    so balik lg dr segi gamenya,kalau cmn nggame tidak ada salahnya ke PS4 tp siap2 ktinggalan kalau kluar lg PS5, kalau PC siap2 upgrade VGA kalau sdh ktinggalan so prosesor itu dr zamannya plg tdk 3-4thn masih kuat main2 game2 bru. tp balik lg dr pihak developer gamenya mrka mmrioritaskan ke console atau dsmakan dg PC yg kualitasnya bisa di dongkrak lg.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu bego ya GTX 950 laptop lu di bawah 750 ti desktop kontol tolol sok pintar

      Hapus
  13. ARTIKEL NGAWUR... emang processor cuma dihitung jumlah corenya ? udah liat Cachenya ?, lihat GHznya ?... gua pake vishera FX 6300 Hexacore buat ngadu sama PS 4 gua jamin ga kalah buat masalah load timenya mau diadu segi apapun komponen PC lebih besar vroh... CPU PS4 cuma setara CPU PC AMD APU A8 KAVERI quad core... terus ga ada kekuatan grafis APU menyamai kekuatan grafis VGA ADD ON berani taruhan berapa ? HD 6870 Ane masih kenceng buat ngeladenin game macam METRO LAST LIGHT di HD resolution masih playable buat main...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dasar goblok woi PC itu multitaski PS4 hanya untuk gaming, semua merek AMD itu kerjanya real Processor, lu aduin dengan PS4 sekalipun akan tetep sama Real Processor hanya untuk Processor bukan di kasih ke-Ram, aduh dangkal nih ilmunya dasar Penboy longor, gk punya PS4 DASAR DUNGU LONGOR OTAK UDANG TOLOL, bicara yang bener itu semua memang kenyataannya, buktinya ASUS ROG GW YANG 14,5 JUTA AJA GK JAUH BEDA GRAFIS NYA DENGAN PS4 MASIH MAU NYANGKAL LAGI???

      Hapus
  14. Nyimak-nyimak.. Sukuri ajje masih mending bisa main game pc d rumah walaupun gk bisa nyaingi ps4, noh diluar masih banyak gamer yg pingin punya pc karna kurang nya keungan -_- yahh akhirnya mereka main di warnet walau grafik seadanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt. Mending bisa di warnet ada juga yang gak punya sama sekali

      Hapus
  15. Berarti laptop dgn procie i7 kabylake & gtx 1050 uda melebihi kekuatan procie & gpu milik ps4 ya?

    BalasHapus
  16. 14 jutaan rakit pc untuk mnyamai ps4 wow

    BalasHapus
  17. Mending beli PS4 aja udah, enggak pusing lagi mikirin spek, gamenya juga udah bejibun bnyaknya, mending nabung buat koleksi game2 kerennya, dan juga gk usah takut klau pun nanti rilis lgi yg namanya PS5 otomatis harga PS4 lebih trun lgi mungkin juga harga gamenya, dan juga modal rakit pc yg setara PS4 nyampe 14 jt mending klo gitu beli PS4nya aj vroh, skrang PS4 slim udah dapet dgn budget 4,5jt..intinya mau rakit pc ke, mau PS5 ke, mau beli PS4 ke yg penting HAPPY AEEE....!! :-)

    BalasHapus
  18. Hare gene emang ps4 hebat ,ps4 bagus, ps4 cepat,besok ada ps4 emulator di pc, hah longo lu, ps1 2 3 udah ada emulator di pc woi, di ps4 gw tunggu emulator pc di ps4

    BalasHapus
  19. Ane pake netbook aja gan... main pes 6 aja udah ngos ngos an

    BalasHapus
  20. terima kasih infonya ketimbang bingung beli PS4 nya sj..capek-capek mikir tinggal tancap begadang mpe pagi..gedeg-gedeg dah..

    BalasHapus
  21. punya ane mobo asus H61M k.proci corei5 3570.
    vga Gtx 750ti. lancar2 aja maen game2 ps4 macam watchdogs2,motogp17,dll. ane main pake monitor led 32inch. ane ga trlalu pusing dengan grafik yang wow.ane suka maen game krna gamenya itu sendiri,menantang,bnyk teka teki dan bisa menghilangkan kejenuhan.intinya vendor game ngasih game buat console dan PC.berarti game untuk konsole bisa dimainkan di PC.itu saja ga usah ribet

    BalasHapus
  22. Kira kira kalo komputernya ram 3,5 gb lalu i7 sama nvidia gtx1060 kuat gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ram nya minimal 4gb bro.klo proci,apalagi VGA nya itu udh bagus bgt.tinggal ugrade ram nya doank.itu udh bisa maenin game2 ps4

      Hapus
  23. klo PC gaming lebih baik pake intel jangan AMD.VGA nya pake NVidia.lebih maksimal.proci intel klo dipake lama ga sepanas proci AMD.dan proci AMD kelemahannya kadang kurg maksimal klo pake VGA punya Nvidia.ane lebih preffer pake VGA Nvidia daripada ATI radeon punya AMD.kwalitas gambar Nvidia lebih unggul dan lebih detail

    BalasHapus
  24. Gan rakit pc gaming modal 5,5 specnya apa aja

    BalasHapus
  25. ah ...ane pakai thosiba l65 core i3 350 2,3 ghz Ram 3 GB vga RADEON HD 5000 kuat kok main just cause 2, naruto ninja strom 2, splintercell black list.. yang notabene buat game PS 3

    BalasHapus
  26. gak kalau pc yg bisa nampung ps 3
    itu apa ya
    soalnya budgetku 3 jt heheh

    BalasHapus
  27. Asus h61, i7 3770 second,ram ddr3 8gb,gtx1050ti 4gb, itu spek di warnet saya, pake server diskless,jadi client tanpa hdd, gta v, pes2019 bisa

    BalasHapus