Rabu, 01 Oktober 2014

Tips Mudah Mempersingkat Waktu Booting Windows 7

Mempunyai PC yang cepat sudah menjadi idaman bagi setiap pengguna PC, ada beberapa patokan untuk mengukur seberapa cepat sebuah PC ketika bekerja, yaitu saat sedang loading(game atau copy) dan saat PC sedang booting. Dan khusus yang disebut terakhir tadi, saya akan membagikan tips kepada anda untuk mempersingkat waktu booting pada
Windows 7 yang bisa anda simak dibawah ini : 


1. Non-akktifkan program yang tidak perlu.
     Kebanyakan program yang berjalan dapat mempengaruhi performa PC dalam berbagai situasi, terutama saat booting, karena akan membebani kerja dari PC tersebut terutama pada Harddisk. Maka dari itu, saya sarankan kepada anda untuk menonaktifkan (bukan uninstall) Startup item yang terpasang secara aktif pada PC anda. Untuk menon-aktifkan caranya gampang, pertama anda buka start menu windows lalu ketik msconfig pada kolom search, untuk sisanya biar gambar dibawah ini yang berbicara :

Jika sudah selesai memilih, klik ok lalu restart PC anda.
2. Gunakan Program Disk Cleanup Windows.
    Tips lain yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan program bawaan windows yang bernama Disk Cleanup, fungsi dari program ini adalah untuk membersihkan PC dari temporary files, Log files dan file lain yang ada di recycle bin hingga membuat isi Harddisk lebih longgar dan akhirnya dapat mempercepat kinerja PC tersebut, terutama pada saat booting. Untuk menjalankan program ini, pertama anda buka properties pada local disk c (terserah anda, mau DATA D: juga boleh) lalu anda buka program Disk Cleanup yang terlihat pada sebelah serong kanan bawah dari gambar diagram, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

  Setelah itu anda tinggal menjalankan programnya, dan rasakan perbedaan perfoma antara sebelum dan sesudah anda mencoba tips ini. Mungkin bagi anda yang juga ingin mencoba tips lain mempercepat performa PC yang lebih kompleks(maksudnya bukan cuma untuk situasi booting saja) silahkan baca artikel ini : Tips-tips mudah meningkatkan performa PC tanpa mengeluarkan biaya
 Sekian tips singkat dari saya, semoga bermanfaat bagi anda semua. Sampai bertemu pada artikel-artikel menarik selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar