Kamis, 25 September 2014

Hal-hal yang dapat membahayakan komputer anda

 Sebagai pengguna komputer sering kali orang-orang lalai akan sesuatu dengan berbuat kesalahan terhadap komputernya, namun bahkan banyak orang pula tak sadar akan kesalahan yang ia buat dan mungkin telah membahayakan keselamatan komputer. Nah disini saya akan membahas tindakan-tindakan yang terjadi di penggunaan komputer sehari-hari yang dapat membahayakan keselamatan komputer anda.




1.Menggunakan PSU abal-abal, jangan sampai anda terlalu sayang sama isi dompet anda hingga mau membeli barang macam ini. Bagi anda yang pengen tau bahayanya, bisa liat testimonial salah satu korbannya disini.


2. Mengoverclock Processor  secara berlebihan, hal ini juga tak kalah bahayanya lho. Mungkin memang processor anda akan mengalami peningkatan performa jika melakukan hal ini, namun jika dilakukan secara berlebihan bisa berakibat fatal, mulai dari umur processor yang memendek, sering hang secara tiba-tiba, hingga panas yang berlebihan pada processor anda.

3. Mematikan Komputer tidak sesuai prosedur, seperti asal mencabut kabel power biar cepet mati. Mungkin hal ini biasa dilakukan orang-orang jika memang benar-benar terpaksa(komputer hang terus, atau bahkan hampir ketahuan orang tua gara2 nonton "itu":p) tapi ingat, jika hal itu terus  dilakukan maka dapat berakibat rusaknya PC anda terutama bagian power supply dan harddisk.

4. Memukul CPU anda. Hal ini jelas dapat membahayakan komponen PC anda, karena tidak menutup kemungkinan terjadinya goncangan fisik. Namun hal ini hampir sebagian besar orang pernah melakukanya, misalnya ketika anda sedang kesulitan/ gagal terus dalam bermain game pasti anda akan membutuhkan pelampiasan atas rasa kekesalan anda, hingga CPU andapun menjadi korbanya. Atau contoh lain misalnya komputer anda tiba-tiba hang secara terus menerus padahal anda sedang mengerjakan tugas penting dan belum anda save pasti rasanya anda kesal, dan lanjutanya rasanya sudah tak perlu dijelaskan lagi.

5.      5. Mengisi HDD sampai penuh, misalnya jika anda seorang kolektor film yang mempunyai koleksi film sejak jaman romusha hingga film paling up to date yang membuat HDD anda penuh, hal ini dapat memperlambat kinerja HDD anda/ macet karena tidak ada ruang template untuk HDD bekerja dan akhirnya PC anda pun mendapat imbasnya.











6.. Main laptop diatas kasur sambil tiduran, mungkin anda saat itu sedang nyaman tengkurapan diatas kasur, tapi laptop anda saat itu sebenarnya justru sedang tersiksa akan kepanasan karena panas dari laptop saat itu tidak terbuang secara sempurna dan terjebak di laptop anda yang akhirnya dapat merusak komponen dari laptop anda.

7. Menaruh benda berat diatas laptop, akibatnya layar LCD anda pun pecah(gantinya mahal lho)

8. Menutup softcase CPU anda, mungkin kebanyakan orang melakukan hal ini karena takut CPU nya terkena debu atau semacamnya tapi justru dapat membahayakan nasib PC tersebut karena tak ada sirkulasi udara dalalm CPU. Gak kebayang kan kaya gimana rasanya jika anda ada didalamnya. wah... pengap...pengap...






Sebenarnya masih banyak lagi yang hal bisa dibahasi, namun untuk saat ini cukup dulu. Kalau ada kesempatan, akan saya tambah lagi. Sekian informasi singkat dari saya, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar