Rabu, 24 September 2014

Tips Memilih Spesifikasi PC Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih spesifikasi komputer, hanya ada 1 hal penting yang harus anda perhatikan. Yaitu, Pastikan kebutuhan anda sesuai dengan spesifikasi komputer itu sendiri, misalnya jika anda akan menggunakannya untuk pekerjaan kantoran, atau sekedar ngetik, browsing, maka anda tak perlu mempunyai spesifikasi komputer yang tinggi karena hanya akan
buang-buang biaya, kecuali jika anda seorang pecandu game yang mengharuskan anda memiliki spesifikasi yang tidak sembarangan untuk memainkan game-game berkualitas tinggi.
 Disini saya akan memandu anda dalam memilih komponen komputer dengan mengupas satu persatu setiap bagian/periferal PC beserta penjelasanya.
1. PROCESSOR
    Untuk processor, terserah anda dapat memilih Intel atau AMD karena dari segi kualitas, kemampuan mereka hampir sama / gak kerasa bedanya. Namun jika uang anda pas-pasan, saya lebih merekomondasikan anda untuk membeli processor AMD karena selain harganya lebih murah, kompabilitasnya terhadap motherboard lebih lama, tidak seperti Intel yang mengharuskan anda untuk ikut mengganti motherboard setiap kali ingin mengganti processor karena kompabilitasnya kurang. Dan jika kebutuhan anda hanya untuk sekedar mengetik, browsing dan multimedia maka anda hanya perlu memiliki processor sekelas Dualcore(2 inti) saja, dan untuk komputer game sebaiknya anda menggunakan processor quadcore(4 inti).
2. HARDDISK / MEMORY
    Untuk harddisk, ada beberapa merk ternama seperti Seagate, Samsung, Western Digital, Maxtor, hingga Hitachi yang beredar di pasaran. Terserah anda mau memilih produk yang mana karena secara kualitas mereka tak berbeda jauh. Yang terpenting pilihlah kapasitas harddisk sesuai kebutuhan komputasi anda, Jika anda seorang officer/ orang kantoran maka ukuran 160 GB sudah cukup untuk menyimpan file-file kerja anda, sedangkan untuk kebutuhan multimedia seperti penyimpanan film, musik, dll maka idealnya anda memerlukan 500GB untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan anda. Lalu untuk kebutuhan game, anda setidaknya memerlukan 1TB atau 1000GB, karena banyak sekali game yang memakan kapasitas yang cukup besar hanya untuk 1 judul saja.
3. VGA
    Sementara VGA memiliki fungsi untuk pemrosesan dan penampilan gambar yang ada di monitor. Logikanya, Semakin baik mutu VGA maka semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan (juga semakin mahal harganya). VGA sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu VGA High-end, Mid-end, dan Low-end, perbedaan paling mencolok dapat terlihat di harganya seperti VGA High-end yang mempunyai harga di kisaran 6-3 juta, sedangkan Mid-end yang dibanderol dikisaran 3-2juta hingga Low-end yang hanya dihargai sekitar 2juta-300ribu rupiah saja.
    Jika anda seorang officer, maka VGA onboard yang banyak terspasang di motherboard sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan PC anda, Sedangkan untuk kebutuhan multimedia saya sarankan anda membeli Processor Intel Core i-series atau AMD APU(A-series) yang sudah mengintegrasikan VGA didalam processor. Selanjutnya untuk kebutuhan game, minimal anda membutuhkan VGA add-on yang secara kualitas memiliki performa jauh lebih baik dari VGA onboard.
4. RAM
    Komponen ini terdiri dari 3 jenis/tipe, yaitu tipe DDR, DDR2, dan DDR3 yang pada saat ini DDR3 lah yang banyak tersedia di pasaran. Namun itu tidak penting, yang perlu anda perhatikan adalah perhatikan kompabilitas motherboard anda dalam membeli RAM. Pastikan jenis socket RAM di motherboard anda sesuai dengan jenis RAM yang akan anda pasangkan.
   RAM yang tersedia dipasaran saat ini memiliki berbagai kapasitas, mulai dari 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, hingga 8GB. Sesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhan anda, anda hanya butuh kapasitas 2GB jika anda seorang Officer atau 4GB untuk kebutuhan Multimedia. Lain halnya jika anda seorang gamers, idealnya anda akan membutuhkan 8GB untuk dapat memainkan game-game masa kini.
5. POWER SUPPLY
   Power supply memiliki peranan penting dalam sistem kerja komputer, karena Power supply lah yang memberikan aliran listrik kepada segala komponen atau bisa dibilang sebagai jantungnya komputer. Sebelum memilih power supply, anda harus menyesuaikan kebutuhan daya komponen anda dengan power supply apa yang akan anda beli. Misalkan jika power suply anda akan dijodohkan dengan PC officer atau multimedia yang memiliki spesifikasi kecil-medium, maka anda bisa gunakan produk berdaya 400W dan berlabel 80+(disini saya tidak akan menyarankan anda menggunakan power supply abal-abal karena dapat merusak PC anda). Sedangkan untuk komputer game yang mengharuskan power supply dapat mengangkat daya komponen-komponen 'dewa' anda yang bisa dibilang boros listrik, maka gunakanlah power supply yang setidaknya berdaya 650W.
      Nah, bagaimana? sudah maksudkan dengan penjelasan diatas? Jadi dengan ini dapat disimpulkan bahwa jangan asal-asalan dalam memilih komponen komputer, karena bisa-bisa anda membeli produk mahal yang sebenarnya dibuat untuk kebutuhan game, padahal anda membelinya hanya untuk kebutuhan kerja atau juga sebaliknya, sayang banget kan?
     Berikut saya berikan referensi untuk anda contoh spesifikasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan yang bisa anda lihat dibawah ini :
  • Komputer Office  : 
          Processor : Intel Dualcore g2030 3.0Ghz (Integrated Graphics)
          Main Board : ASUS H61m-c LGA1155
          RAM : V-Gen DDR3 2GB
          Power Supply : VenomRX Iron Clan 400W 80+
          Harddisk : WD SATA Caviar Blue 160GB
          VGA : Intel HD Graphics
  • Komputer Multimedia :
          Processor : Intel Core i3 4130 3.4Ghz          
          Main Board : MSI B85M-G43 Socket 1150
          RAM : Corsair DDR3 2GB
          Power Supply : Cooler Master Elite Power 400W
          Harddisk : Seagate SATA 500GB
          VGA : Intel HD 4400 Integrated Graphics
  • Komputer Gaming Low-end :
          Processor : AMD A-10 5800K (Integrated Graphics)         
          Main Board :Gigabyte GA-F2A85XM-HD3
          RAM : Patriot DDR3 2x2GB
          Power Supply : FSP Hexa 500W 80+
          Harddisk : Seagate SATA 1TB
          VGA : HIS Radeon HD6670
  • Komputer Gaming Mid-end :
          Processor :  AMD Vishera FX-8350           
          Main Board : ASUS M5A99X EVO r2.0
          RAM : Corsair Vengeance 2x4GB
          Power Supply : Enermax NAXN 82+ 650W
          Harddisk : WD SATA Caviar Black 2TB
          VGA : Sapphire HD7870 XT
  • Komputer Gaming High-end :
          Processor :  Intel Core i7-4770K 3.5 Ghz 
          Main Board :  Gigabyte Z87-OC
          RAM :  Kingston HyperX 2x4GB
          Power Supply : Silverstone Strider Gold 1000W
          Harddisk : WD SATA Caviar Black 3TB
          VGA :  Gigabyte GTX 770
  
 Demikian tips-tips dari saya tentang memilih spesifikasi PC sesuai kebutuhan, semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda dalam membangun PC rakitan sesuai kebutuhan.
          
          
         
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar