Jumat, 19 September 2014

Tips-tips mudah meningkatkan performa PC tanpa mengeluarkan biaya

 Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan berbagai tips untuk meningkatkan performa PC yang bisa kalian coba dirumah tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Tips ini
merupakan hasil dari survei yang terkumpul dari internet dan telah saya coba sendiri. Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak tips nya dibawah ini :



1. Defragment Hardisk anda.
 Pada dasarnya defragment atau yang disingkat defrag berfungsi untuk menata kembali berkas-berkas/ file pada HD supaya mempermudah PC dalam mencari berkas di HD. Sama seperti kamar kalian, jika kamar kalian berantakan pasti kalian akan kesulitan jika mencari benda yang hendak kailan cari, lain halnya jika kamar kalian ditata/rapihkan, pasti proses dalam waktu pencarian akan lebih mudah dan cepat.
  Untuk menjalalankan program Defrag : Buka Windows Explorer -> klik kanan drive C: -> klik tab Tools -> klik tombol  Defragment now.
2. Jalankan program Chkdsk Disk Repairing.
     Seiring berjalannya waktu PC anda bisa saja mengalami penurunan performa. Banyak faktor penyebabnya, seperti prosedur shutdown/ mematikan PC yang salah, PC anda yang terserang virus, dan lain-lain. Akibatnya PC butuh waktu lama untuk untuk booting. Namun masalah ini bisa diatasi dengan program disk checking. Disk checking sendiri adalah program bawaan Windows yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang tidak terpakai lagi
   Untuk menjalankan program disk checking : Buka Windows Explorer -> klik kanan drive C: (Terserah anda, DATA D: juga boleh kok) -> klik tab Tools -> klik tombol Check now, disitu anda akan diberi 2 opsi (centang keduanya) lalu klik start.
3.  Uninstall Aplikasi yang tak terpakai.
      Sudah tak bisa disangkal lagi kalau performa PC akan mengalami penurunan setiap kali program / aplikasi baru diinstall. Hal itu terjadi karena banyaknya aplikasi yang teristall akan menambah berat beban yang ditanggung PC khususnya Harddisk. Maka dari itu, kalau memang ada program yang sudah tidak terpakai lagi, sebaiknya anda hapus saja. Untuk menghapusnya gunakan program uninstall yang terdapat pada Control panel. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.
 Nanti akan muncul daftar/list seluruh program yang terinstall di PC anda, anda tinggal pilih aplikasi yang ingin anda hapus dengan men-doubleklik-nya saja
4. Scan PC dari virus
    Jika PC anda terinfeksi virus maka sudah menjadi hal yang wajar jika PC anda mengalami penurunan performa. Maka dari itu diusahakan untuk selalu menjaga PC anda agar bebas dari virus.
 Sekian tips singkat dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sampai bertemu di artikel menarik selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar