Sabtu, 03 Oktober 2015

Solusi "you need to format the disk in drive before you can use it" - Tested works!


Bingung, cemas, frustasi, itukah agan rasakan ketika notifikasi diatas muncul secara tiba-tiba. HD mau dibuka isinya ga bisa, mau dicopot pasang juga masih ga ngaruh apa-apa (Hahaha, yang ini dulu  ane banget) alhasil jadilah agan mencari solusi di internet, kalau agan 'berhasil' membuka situs ini maka beruntunglah agan karena disini ane akan memberikan solusi dari masalah yang sedang agan hadapi. Caranya ada 2, terserah agan mau pilih yang mana soalnya udah ane coba semua (dan berhasil tentunya). Cekibroot...

Cara 1 : Pake aplikasi Recovery Data
Recovery Data disini berarti menyelamatkan data-data yang terjebak di HDD/ FD agan yang kini statusnya TKP. Jadi agan cuma perlu siapin backup nya aja (buat tempat evakuasi). Sebelum mulai, agan download dulu softwarenya. Disini ane pake Recuvaa, software ini yang paling ane percaya ketimbang yang aplikasi lain yang serupa karena pengalaman sudah berbicara. [[download]]
Setelah agan download, di Install dulu tentunya (ga perlu SS juga pasti agan bisa lah)
Setelah dibuka maka akan muncul tampilan seperti ini

Dari situ agan pilih All Files lalu akan muncul lagi pilihan dibawah (gambar kiri), agan ikuti langkah 1 (gambar kiri) maka akan muncul menu no.2. Di menu ke2 ini agan pilih HDD agan lalu klik OK, Tunggu aja prosesnya (Lama tidaknya tergantung besar file yang terdapat didalamnya). 
Setelah prosesnya selesai, maka akan muncul deretan file yang selama ini agan cari-cari di HDD (serasa bagaikan cahaya yang muncul kembali :p).

 Centang file yang hendak agan selamatkan/ semua juga boleh (1), lalu klik pilihan Recover yang terdapat di bagian pojok kanan bawah (2). Pilih tempat evakuasi/ penampungan sementara, lalu tunggu prosesnya hingga selesai. Enjoy!

Cara 2 : Pake CMD
Kalau cara pertama masih dirasa ribet, ane kasih cara ke2. Disini agan ga perlu pake acara donlot-donlotan segala karena agan cuma perlu modal CMD (komputer agan pasti punya lah).
 Pertama, buka CMD lewat kolom search di start menu (dibukanya lewat Run as Administrator ya). Setelah dibuka maka agan ketik CHKDSK/r /f  F --> huruf F disini menunjukan path HDD ane, punya agan mungkin berbeda jadi bisa dicek dulu. Kira-kira seperti gambar dibawah ini.
  Setelah itu, pencet Enter lalu tunggu prosesnya (Lama tidaknya, tergantung besar isi HDD agan). Jika sudah, bisa agan cek sekarang apakan HDD agan masih 'ngambekan' lagi apa ngga.

 Setelah mencoba cara-cara diatas, apakah kini HDD agan sudah sehat kembali. Jika belum, maka sampaikan keluh kesah agan lewat kolom komentar, nanti ane bantu jawab. Oh ya, sedikit saran buat agan, "JANGAN SERING-SERING MAIN CABUT PAKSA HDD YA..."
 Semoga bermanfaat!

 

5 komentar:

  1. Mas yg pake cmd itu nanti file nya juga bisa kembali?

    BalasHapus
  2. Mas yg pake cmd itu nanti file nya juga bisa kembali?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, work mas, pake cara kedua.. terimaksih banyak ilmunya.. 🙏

    BalasHapus
  4. Cara nge cek path hdd nya gimana ya gan ?

    BalasHapus
  5. Keterangan muncul Invalid parameter

    BalasHapus